BEKAL AKREDITASI SMAN 1 BOJONG DARI PENGAWAS

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian (assesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 087/U/2002.

Pembekalan pengawas SMA Kabupaten Tegal (Budi Rahajo, S.Pd.) kepada Tim Akreditasi SMA Negeri 1 Bojong

Dunia pendidikan tentunya tidak asing dengan komponen akreditasi yang setiap 5 (lima) tahun sekali cukup membuat sibuk tim akreditasi, baik di sekolah, maupun di perguruan tinggi. Kedelapan komponen akreditasi tersebut, yaitu :

  1. Standar  Isi, (Permen 22/2006)
  2. Standar Proses, (Permen 41/2007)
  3. Standar Kompetensi Lulusan, (Permen 23/2006)
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (13/2007 Tentang Kasek,
    Permen 16/2007, Tentang Guru, Permen 24/2008 Tentang Tenaga Administrasi)
  5. Standar Sarana Dan Prasarana (Permen 24/2007)
  6. Standar Pengelolaan, (Permen 19/2007)
  7. Standar Pembiayaan, (PP, 48/2008)
  8. Standar Penilaian Pendidikan, (Permen 20/2008)

Pembekalan secara personal kepada salah satu Tim Akreditasi

Dalam rangka persiapan pelaksanaan akreditasi serta proses menuju prestasi yang lebih baik, khususnya di SMA Negeri 1 Bojong, Dinas Dikpora Kabuaten Tegal melalui Pengawas SMA, Bpk. Budi Raharjo, S.Pd. memberi banyak bekal secara langsung di hadapan Kepala Sekolah, Bpk. Heris Samekto, S.Pd., MM. dan tim akreditasi.

Kepala SMA Negeri 1 Bojong (Heris Samekto, S.Pd., MM.) saat ditinjau tentang persiapa akreditasi

Proses akreditasi yang dilakukan secara berkala dan terbuka itu bertujuan untuk membantu dan memberdayakan satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Dalam menggunakan instrumen akreditasi yang komprehensif dan dikembangkan berdasarkan standar mutu yang ditetapkan, diharapkan profil mutu SMA Negeri 1 Bojong dapat dipetakan untuk kepentingan peningkatan mutu sekolah oleh berbagai pihak yang berkepentingan.

Antusiasme Tim Akrditasi SMA Negeri 1 Bojong saat menerima pembekalan persiapan akreditasi

Pada proses ini Kepala SMA Negeri 1 Bojong telah melakukan berbagai upaya persiapan dengan memperhitungkan sumberdaya yang tersedia dengan dengan tepat dan cermat, sehingga tidak mustahil jika hasil akreditasi nantinya akan memuaskan yang pada akhirnya hasil akreditasi tersebut menjadi umpan balik dalam upaya peningkatan kinerja sekolah, namun apabila nantinya masih terdapat indikator yang kondisinya di bawah target maka akan dikaji lebih lanjut tentang faktor-faktor penyebabnya kemudian ditindaklanjuti dengan menyusun program sekolah yang sesuai untuk memperbaiki komponen atau indikator tersebut.

Peninjauan langsung tentang program Bimbingan dan Konseling kepada guru BP/BK

Pada akhir pembekalan, Bpk. Budi Rahajo berpesan kepada semua tim akreditasi SMA Negeri 1 Bojong. “Tim akreditasi yang sudah terbentuk dan sudah bekerja segera meneruskan tugas sesuai dengan bidang tugas atau standar yang ditanggungjawabi, dimulai dengan mengumpulkan bukti fisik agar pada saatnya tanggungjawab yang besar ini akan terasa ringan”. (AR/Humas)

  • Facebook
  • Google Plus
  • WordPress

What are you working on?

Your email address will not be published. Required fields are marked *