DALANG SMA NEGERI 1 BOJONG RAIH JUARA 3 OLIMPIADE PENELITIAN SISWA INDONESIA (OPSI)

img-20161010-wa0080

                             (Juara 1, 2 dan 3)

 

WAYANG,img-20161010-wa0076 merupakan salah satu kesenian tradisional yang kini semakin terpinggirkan oleh zaman. Sehingga Ismada Firdaus Mandala Putra yang merupakan siswa kelas X.MIPA.2 SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal ini berhasil meraih juara 3 dengan skor sebesar 586 dalam acara Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di bidang humaniora dengan guru pembimbing Imada Cahya Septiyaningsih, S.Pd. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Dikpora Kabupaten Tegal. (Senin, 10/16)

“Saya memang sangat tertarik dengan kesenian tradisional, karena unik. Selain itu melalui pementasan wayang ternyata dapat membantu saya dalam belajar khususnya pada saat belajar sejarah yang materinya sangat banyak.” (Jelas Ismada).

Olimpiade ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Sains dan kelompok Humaniora. Semua finalis yang diundang presentasi telah melalui tahap seleksi pemberkasan, dan peserta yang berhasil masuk ke 6 besar baik dari bidang sains maupun humaniora berhak mempresentasikan hasil penelitiannya dihadapan juri.

Dalang Presentasi

Presentasi sekaligus grand final OPSI tahun 2016 diadakan di SMA N 1 Slawi dan dimulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB. Ismada Firdaus Mandala Putra merupakan anak kedua dari Bapak Imamudin dan Ibu Faridah dan berdomisili di Bumijawa RT O5/II. Setiap malam minggu dia berlatih gamelan bersama teman-temannya, sehingga tidak heran jika dia sudah terbiasa dengan kesenian Jawa. Uniknya presentasi ini menggunakan alat peraga berupa wayang yang terbuat dari kardus bekas mampu menarik perhatian juri dan panitia, sehingga Bapak Lukman Hakim, S.Ag selaku sekretaris tim penilai mengaku bahwa ide ini adalah sebuah gagasan baru dan unik serta merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali kesenian tradisional di kalangan remaja. (Senin 10/10/16).

Kita patut bangga dengan prestasi yang ditoreh para siswa SMA Negeri 1 Bojong. Prestasi tersebut dapat kita jadikan motivasi untuk memupuk prestasi kita entah itu di bidang akademik ataupun non akademik. (By: Maghfirotull Fatkhiyah-X.MIA.3, Annihayatus-X.MIA.1, Hikmatul Ismi Afifah-XI.MIA.2)

  • Facebook
  • Google Plus
  • WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *