Kepala Sekolah Tinjau Langsung Ujian Praktek IPA

Tahun pelajaran 2015/2016 bagi siswa kelas XII SMA terasa hampir usai dan tinggal menunggu beberapa bulan ke depan. Panitia ujian SMA Negeri 1 Bojong pun sibuk dengan berbagai macam kegiatan ujian. Diawali ujian praktek Bahasa Inggris pada hari Jumat 12 Februari 2016, pada hari Sabtu 13 Februari disusul dengan Ujian Praktek IPA yang terdiri dari mata pelajaran  Fisika, Biologi, dan Kimia.

Di ruang ujian peserta tampak sibuk dengan kegiatan praktek mereka masing-masing dengan penuh optimis serta tidak menunjukkan rasa sulit sedikitpun, hal ini desebabkan mereka sudah merasa benar-benar bersahabat dengan laboratorium yang biasa digunakan untuk praktikum dalam kegiatan belajar mengajar secara langsung. Begitupun dengan materi yang diberikan, bagi mereka hal ini dianggap hanya sebagai pengulangan saja sehingga ujian tidak menjadi beban dari kegiatan akhir sekolah, sebagaimana dipaparkan oleh salah satu siswa, Lana Milatul Khusna, kepada jurnalis SMA Negeri 1 Bojong “Ujian prakteknya cukup mengasyikkan, hampir seluruh materi Ujian praktek pernah dilakukan sebelumnya, sehingga saya tidak merasa terlalu merasa kesulitan, dan saya yakin teman-teman yang lain pun merasakan hal yang sama” paparnya optimis.

Dalam pelaksanaan ujian tersebut, Kepala Sekolah SMA Negeri Bojong, Bpk. Heris Samekto, S.Pd., MM. Berkesempatan meninjau langsung jalannya Ujian Praktek.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bojong, Bpk. Heris Samekto, S.Pd., MM. saat meninjau langsung kegiatan Ujian Praktek

Ibu Dra. Shamratuljanah saat membimbing dengan penuh perhatian kepada para peserta Ujian Praktek Fisika

Bpk. Hadi Yudo Pranoto, S.Pd. memberikan beberapa penjelasan kepada peserta Ujian Praktek Biologi

Penilaian secara langsung pada Ujian Praktek Kimia oleh Ibu Nursobah, S.Pd.

Masing-masing materi ujian praktek didampingi atau diawasi penguji yang merupakan guru mapel pelajaran dari materi tersebut. Para penguji-penguji itu ialah Ibu Dra. Shamratuljanah (Penguji Materi Fiska), Bpk. Hadi Yudo Pranoto, S.Pd. (Penguji Materi Biologi) dan Ibu Nursobah, S.Pd. (Penguji Materi Kimia). Sementara mengenai materi ujian praktek tahun ini tidak jauh dari tahun-tahun sebelumnya, seperti materi pengukuran, elastisitas, titikb erat, gaya gesek, hukum ohm, difraksi kisi pada mata pelajaran Fisika, kemudian ada Uji makanan, Uji pernapasan, Uji enzim katalase, Uji hukum Ingenhouze, identifikasi protista, Identifikasi  jamur, Plasmolisis, Krenasi dan hemolisis pada mata pelajaran Biologi dan materi Ikatan kimia (molymod), Perhitungan kimia, Titrasi asam-basa, Indikator asam-basa, Hidrolisis garam, Senyawa karbon, Termokimia, Laju reaksi, Elktrolisis, Tes nyala. (AR/Humas Smansabo)

Keseriusan dan antusiame peserta ujian saat melaksanakan praktikum

Menunggu giliran Ujian Praktek, para peserta memanfaatkan waktu untuk pendalaman materi dengan cara membaca buku pelajaran

 Gambar oleh Dra. Shamratuljanah

  • Facebook
  • Google Plus
  • WordPress

What are you working on?

Your email address will not be published. Required fields are marked *