Selayang Pandang

Bukit kecil bertumbuhkan ilalang dan rerumputan yang terletak di Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, tepatnya diantara Dk. Kopigandu dan Dk. Kemiri adalah wilayah yang sekarang berdiri sebuah sekolah menengah lanjutan tingkat atas yaitu SMA Negeri 1 Bojong. Berada di dataran tinggi yang jauh dari sumber air, bukit itu hampir sama sekali tidak dapat ditanami bahan pangan kecuali pohon kelapa, itu pun pertumbuhannya tidak normal seperti pohon kelapa pada umumnya.

Pada masa itu, kebanyakan orang tua cukup dengan menyekolahkan anaknya sampai tamat pendidikan menengah tingkat pertama (SMP/MTs) sudah merasa bangga, karena sebagian besar kemampuan masyarakat sekitar secara finansial/ekonomi ketika itu masih rendah. Namun seiring berjalannya waktu, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi makin maju yang berdampak pada pola pikir masyarakat terhadap pentingnya arti pendidikan sehingga mereka merasa tidak puas dengan menyekolahkan anaknya hanya sampai tingkat SMP/MTs, sehingga meskipun sekolah lanjutan tingkat atas (SMA) jauh jangkauannya yang ketika itu hanya ada di ibu kota kabupaten (Slawi), khususnya bagi yang mampu, mereka melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang SLTA di Slawi. Namun bagi yang tidak mampu, jauhnya jangkauan ditambah minimnya angkutan umum, membuat mereka berpikir dua kali, berapa besar biaya yang harus dikeluarkan jika anaknya bersekolah di Slawi, akhirnya keinginan untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya pun kandas.

Dilatarbelakangi hal tersebut, pada tahun 1990 diselanggarakan pendidikan lanjutan atas dengan nama SMA Negeri 1 Bojong yang untuk sementara waktu bertenpat di SMP Negeri 1 Bojong yang waktu itu masih bernama SMP Negeri 1 Tuwel. Pejabat Kepala Sekolah yang pertama adalah Bapak Drs. Ramdhan.

Keberadaan lokasi SMA Negeri 1 Bojong yang terjangkau masyarakat sekitar, membuat minat kebanyakan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di termpat tersebut, sampai pada saatnya tempat yang digunakan tidak mencukupi ntuk menampung siswa. Karenanya pada tahun 1991 didirikan sebuah bangunan baru yang letaknya tidak jauh dari SMP Negeri 1 Bojong, hanya kurang lebih 400 meter. Tentunya atas prakarsa masrayakat, pemuka, pemerintah, dan dinas terkait dengan SK/Izin Operasiona Nomor : 012/0/1992 tertanggal 5 Mei 1992.
Tahun demi tahun silih berganti, perkembangan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Bojong pun semakin maju, hingga pada akhirnya sampai saat ini tampak sebuah pemandangan indah dan bangunan megah disertai pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional ditambah sarana dan prasarana pendidikan yang sangat menunjang.