Scout Outbond

Seiring dengan diterapkannya kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Bojong. Pramuka ditetapkan sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa. Orientasinya adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Sehingga keaktifan siswa terhadap terhadap ekstra kurikuler Pramuka sangat diperlukan karena nilai dari kegiatan ini mempengaruhi nilai Ulangan Kenaikan Kelas. Namun demikian, banyak siswa yang kurang memperhatikan hal tersebut, sehingga banyak diantara para siswa yang memperoleh nilai “C” yang jika tidak diremidi tidak menutup kemungkinan siswa yang bersangkutan akan tidak naik kelas. Untuk mengatasi hal tersebut ekstra kurikuler Pramuka yang dibina oleh Bpk. Makhmudin, S.Pd. mengadakan remidial dalam bentuk kegiatan outbound yang baru dilaksanakan kemarin Sabtu, 6 Juni 2015.

Scout Out Bond ala SMA Negeri 1 Bojong

Kegiatan yang diberi nama Scout Outbound dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi nilai-nilai sikap, ketrampilan, dan pengetahuan. Lokasinya pun tidak jauh dari lokasi SMA Negeri 1 Bojong, yaitu di area pesawahan Bendungan dan Kisam.

Scout Outbound merupakan jenis latihan yang memanfaatkan keunggulan alam (outdoor) untuk membangun kerjasama tim  dan pengembangan diri yang disimulasi dalam outbound melalui permainan-permainan edukatif baik yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Kegiatan yang dilakukan bukan hanya tantangan berupa fisik dan mental, tetapi juga tantangan intelegensia dengan cara memberikan permainan atau kegiatan yang dapat memberikan perubahan karakter untuk menjadi individu yang lebih baik atau positif . (AR)

  • Facebook
  • Google Plus
  • WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *