SMAN 1 Bojong Kab. Tegal Gandeng Rateg

SMANSABO NEWS – Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dengan tujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik, orang tua/wali murid, dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca yang dilakukan dengan kegiatan 15 menit membaca. Guru membacakan buku dan warga sekolah membaca dalam hati.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bojong bersama Kru Radar Tegal

Kepala Sekolah SMAN 1 Bojong bersama Kru Radar Tegal

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, dan auditori. Di abad 21 ini, kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi. Dalam pelaksanaannya Gerakan Literasi Sekolah ini sesuai jalur Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah tentunya akan berdampak positif terhadap perkembangan sekolah, maka tidak berlebihan jika SMA Negeri 1 Bojong menggandeng Rateg (Radar Tegal) sebagai mitra yang dipercaya untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal kepada masyarakat secara umum dan luas. (ar)

 

  • Facebook
  • Google Plus
  • WordPress

What are you working on?

Your email address will not be published. Required fields are marked *