SOSIALISASI AIDS/HIV di SMA Negeri 1 Bojong

Dalam rangka memberikan pengetahuan serta pencegahan penyebaran HIV Aids, PIK-R SMA Negeri 1 Bojong Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV Aids.

Acara tersebut berlangsung pada pukul 10:00 WIB s.d. 13:45 WIB di Aula SMA Negeri 1 Bojong dengan partisipasi 260 peserta yang merupakan siswa kelas X. Bertindak sebagai narasumber pada acara tersebut adalah Mohamad Faozan Ramon, S.IP dari Badan Pemberdayaan Perempuand dan KB Kecamatan Bojong sementara materi sosialisasi disampaikan oleh Bapak dr. Moh. Sofwan Arifi dari UPTD Puskesmas Bojong.

Garis besar materi yang disampaikan bahwa Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus penyerang sel darah putih dalam tubuh dan mengakibatkan turunnya kekebalan tubuh manusia, kemudian Acquired Immune Deficiency Syndrome atau Aids merupakan sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh.  HIV merupakan virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seks yang tidak bersih. Hal ini dapat terjadi apabila pasangan positif mengidap HIV.  Faktor lain diakibatkan adanya transfusi darah/produk sudah tercemar HIV melalui jarum suntik yang tidak steril dan biasanya dilakukan oleh kalangan pengguna narkoba suntik.

Orang yang telah terinfenksi HIV tidak dapat diketahui tanda-tanda fisik yang timbul akibat virus tersebut.  Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengikuti test HIV disertai dengan konseling  di Klinik Voluntari Counseling and Testing (VCT) atau tes cepat hanya dengan menggunakan tes usapan selaput lendir mulut (Oraquick).  Tes HIV dilakukan secara sukarela dan rahasia dan bertujuan untuk memastikan antibodi HIV di dalam sampel darah dan mengetahui tingkat resiko infeksi dari perilaku pasien dan bagaimana harus bersikap apabila terdeteksi positif mengidap HIV.

Antusiasme peserta sosialisasi ditunjukkan dengan diajukannya beberapa pertanyaan terkait dengan materi yaitu tentang penyebaran HIV dan cara menghindarinya. Secara gamblang dan jelas melalui paparan power point narasumber menjelaskan tentang penyebaran HIV dan cara menghindarinya, beberapa jawaban untuk menghindari HIV diantara tidak berpacaran dan bagi yang sudah terlanjur pacaran, maka hendaknya berpacaran yang sehat dengan mengikuti aturan-aturan seperti tidak mudah merayu dan dirayu pasangan masing-masing, tidak mudah dipaksa dan memaksa pasangan masing-masing.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa SMA Negeri 1 Bojong memiliki pengetahuan dan pandangan yang lebih matang mengenai pergaulan yang lebih sehat.  Dengan adanya kesadaran akan bahaya HIV Aids diharapkan pula dapat menekan angka penularan HIV Aids. (ar)

  • Facebook
  • Google Plus
  • WordPress

What are you working on?

Your email address will not be published. Required fields are marked *